Profil

Pendahuluan

Laboratorium Pengujian Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN) Fateta - IPB juga berperan aktif dalam kegiatan pengembangan masyarakat (comunity development) berupa penyediaan jasa analisis laboratorium, dan jasa konsultasi penanganan limbah industri. Dalam mengembangkan fungsi tersebut, Lab. Pengujian Departemen TIN telah secara terus-menerus mengembangkan diri sesuai dengan tuntutan jaman, antara lain dengan pengembangan sumberdaya manusia dan pengembangan fasilitas laboratorium (perangkat keras dan perangkat lunak) serta pengembangan sistem manajemennya.

Dasar Hukum

Sejak tahun 1992 telah ditetapkan sebagai salah satu Lab. rujukan untuk monitoring air limbah industri untuk Wilayah Jawa Barat (SK Gub. Jabar No.658.31/SK.1718/BKPMD/1992). Dengan dukungan Departeman Pendidikan Nasional, Lab. Pengujian Dep TIN IPB, Divisi TML-IPB dikembangkan menjadi Unit Jasa dan Industri (UJI). Dalam menyediakan pelayanan analisis, Lab. Pengujian Dep. TIN-IPB mengimplementasikan sistem yang dapat dipertanggunjawabkan secara ilmiah, dan menerapkan standard nasional dan international, yang memenuhi persyaratan teknis dan peraturan pemerintah yang berlaku (ISO/IEC 17025). Lab. Pengujian Dep. TIN-IPB telah diakreditasi oleh KAN dengan nomor LP-323-IDN sejak 4 Agustus 2006 dan telah teregistrasi di KLH sebagai Lab. Lingkungan dengan nomor 0043/LPJ/Labling-1/LRK/KLH sejak 8 Maret 2012.

Ruang Lingkup

Dalam kegiatan pengujian, Lab. Pengujian TIN-IPB secara terus-menerus mengembangkan diri, termasuk melengkapi diri dengan fasilitas fasilitas peralatan modern seperti Atomic Absorption Spectroscopy (AAS),Gas Chromatography (GC), High Performance Liquid Chromatography (HPLC), UV-Vis spektrofotometer,TOC-Analyzer, elementar Analyzer (CHNSO), COD/BOD apparatus, BOD meter, DO meter, mikroskop dengan image processing, Jar test, peralatan sampling, instrument untuk pengukuran lapang, serta peralatan laboratorium standar lainnya.

Secara garis besar, pengujian oleh Lab. TML-IPB meliputi kegiatan-kegiatan:

  1.     penerimaan atau pengambilan sampel,
  2.     pencatatan / regristrasi sampel,
  3.     penanganan / pengawetan sampel,
  4.     analisis sampel
  5.     pelaporan hasil pengujian, dan
  6.     penyerahan / pengiriman hasil pengujian.


Untuk dapat mempertahankan kosistensi data hasil pengujian yang absah dan tak terbantahkan, Lab. Pengujian TIN-IPB merencanakan semua kegiatannya secara sistematik, sehingga memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa data hasil pengujian telah memenuhi standar mutu. Oleh karena itu, Lab. Pengujian TIN-IPB menetapkan, menerapkan, dan memelihara sistem mutu sesuai dengan ruang lingkup kegiatan. Sistem mutu Lab. Pengujian TIN-IPB dituangkan dalam dokumen sistem mutu yang terdiri dari Panduan Mutu, Prosedur, Instruksi Kerja dan Formulir.

Pengalaman

Lab. Pengujian TIN-IPB memiliki jaringan (networking) yang luas dalam pemecahan masalah lingkungan, baik nasional maupun internasional.  Lab. Pengujian TIN-IPB melayani jasa analisis laboratorium dan jasa konsultasi bidang lingkungan. Saat ini, Lab. Pengujian TIN-IPB memberikan jasa pelayanan analisis laboratorium kepada sekitar 80 - 100 industri per bulan, dengan sampel :

  1.     Air limbah
  2.     Air Bersih/air minum
  3.     Air Laut
  4.     Sludge/sedimen
  5.     Badan Air
  6.     Ambient
  7.     Emisi
  8.     Kebisingan, Getaran dan Cahaya
  9.     Bahan dan Produk Agroindustri
  10.     Gula


Kontak
Lab. Pengujian TIN-IPB
Gedung Fakultas Teknologi Pertanian
Kampus IPB Darmaga PO BOX 220 Bogor 16002 - Indonesia
Telp/Fax : (0251) 8627 830 - 8621 974
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

 

 

 

Additional information