Pelatihan

1. Pendahuluan

Dengan meningkatnya perhatian masyarakat terhadap lingkungan, dan diperketatnya peraturan berkaitan dengan lingkungan, pengelolaan lingkungan yang efektif semakin menjadi perhatian baik oleh kalangan pemerintah maupun kalangan industri. Kalangan industri dituntut untuk terus menerus meningkatkan efisiensi, dan optimasi terhadap fasilitas-fasilitas yang dimilikinya, termasuk optimasi proses produksi, optimasi unit pengolahan air dan air limbah, serta optimasi pengelolaan limbah B3. Kegiatan Self-monitoring dan evaluasi merupakan salah satu alat untuk meningkatkan efisiensi dan optimasi fasilitas-fasilitas tersebut. Laboratorium Teknologi dan Manajemen Lingkungan, Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB bekerja sama dengan Center for Development of Safe Agro-industrial Processes (CDSAP) IPB akan menyelenggarakan training sebagai berikut:

a. Training Analisis Air dan Air Limbah Industri
Tujuan Training ini adalah: Meningkatkan pemahaman tentang prinsip-prinsip analisis laboratorium, mencakup kromatrografi, spektrofotometri, titrimetri dll., Meningkatkan pemahaman tentang berbagai parameter karakteristik air dan air limbah, Meningkatkan kemampuan teknis dalam analisis, mencakup teknik sampling, teknik penangan sampel, teknis analisis, dan interprestasi data, dan Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam operasi dan perawatan peralatan analisis.

 b. Training Desain dan Optimasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)

Tujuan training ini adalah: Memberi pengetahuan tentang prinsip-prinsip manajemen limbah cair, dan upaya minimisasinya (kuantitas dan kualitas), Meningkatkan pengetahuan tentang karakteristik limbah cair, dan kaitannya dengan teknologi penanganan yang diperlukan, serta pengaruhnya terhadap lingkungan, Meningkatkan pemahaman tentang prinsip-prinsip penanganan air limbah industri, mencakup penanganan primer, sekunder (biological wastewater treatment), dan tersier (advanced waste water treatment), serta penanganan sludge, Meningkatkan pemahaman tentang konsep, dan pertimbangan - pertimbangan dalam perancangan instalasi penanganan air limbah / sludge, Meningkatkan kemampuan teknis dalam mendesain proses dan instalasi penanganan air limbah, Meningkatkan pengetahuan tentang jenis dan nilai parameter desain berbagai unit operasi instalasi penanganan air limbah, Meningkatkan kemampuan dalam pengoperasian instalasi penanganan air limbah secara efisien, Meningkatkan kemampuan menghindari terjadinya gangguan, dan pemecahan masalah yang timbul akibat berbagai gangguan pada instalasi penanganan air limbah, dan Meningkatkan kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi dan mengoptimalkan instalasi penanganan air limbah / sludge.

c. Training Desain dan Optimasi Instalasi Pengolahan Air Bersih

Tujuan Training ini adalah: Memberikan pengetahuan tentang prinsip-prinsip manajemen proses penyediaan air bersih, Meningkatkan pengetahuan tentang karakteristik air dari berbagai sumber, dan kaitannya dengan teknologi pengolahan yang diperlukan, serta pengaruhnya terhadap lingkungan, Meningkatkan pemahaman tentang prinsip-prinsip penanganan air bersih, mencakup pengolahan untuk menghilangkan bahan tersuspensi, bahan terlarut, dan mikroorganisme, Meningkatkan pemahaman tentang konsep, dan pertimbangan-pertimbangan dalam perancangan instalasi penanganan air bersih, Meningkatkan kemampuan teknis dalam mendesain proses dan instalasi penanganan air bersih, Meningkatkan pengetahuan tentang jenis dan nilai parameter desain berbagai unit operasi instalasi penanganan air bersih, Meningkatkan kemampuan dalam pengoperasian instalasi penanganan air bersih secara efisien, Meningkatkan kemampuan menghindari terjadinya gangguan, dan pemecahan masalah yang timbul akibat berbagai gangguan pada instalasi penanganan air bersih, dan Meningkatkan kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi dan mengoptimalkan instalasi penanganan air bersih.

d. Training Produksi Bersih
Tujuan Training ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang konsep produksi bersih (Cleaner Production), dan meningkatkan kemampuan untuk melakukan asesmen atau audit produksi bersih, mengintegrasikan produksi bersih ke dalam sistem ISO 14000, pengembangan produk dan teknologi ramah lingkungan, Life Cycle Analysis, analisis kelayakan tekno-ekonomi, dan kemampuan dalam menyusun strategi penerapan produksi bersih.

e. Training Manajemen Limbah B3

Tujuan Training ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), peraturan yang berkaitan dengan manajemen limbah B3, dan meningkatkan kemampuan untuk mengelola limbah B3, meliputi usaha preventif (reduksi, recycling, reuse), pengumpulan, transportasi, pengolahan dan penimbunan (disposal) dalam rangka minimisasi biaya pengelolaan limbah B3.

f. Training Pengelolaan Sampah Terpadu

Tujuan Training ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip pengelolaan sampah terpadu, meningkatkan pengetahuan tentang jenis-jenis sampah dari berbagai sumber, permasalahan yang dapat ditimbulkannnya baik terhadap mahluk hidup maupun lingkungan serta bagaimana penanggulangannya yang meliputi pengolahan sampah konvensional dan non konvensional.

g. Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Tujuan Training ini adalah untuk mengetahui dasar - dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja, pengenalan dan interpretasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) OHSAS 18001:2007, mengelola Kinerja SMK3 di tempat kerja, Hazard Identification and Risk Assessment dan Implementasi SMK3.

h. Sistem Manajemen Lingkungan

Tujuan training ini adalah untuk memahami persyaratan ISO 14001 untuk kegiatan operasional organisasinya, mampu menerapkan persyaratan ISO 14001, mampu mengetahui peraturan / perundangan dalam operasional bisnis, mampu menyusun dokumen ISO 14001 secara efektif, dapat memberikan kesadaran tentang aspek Lingkungan kepada para stafnya, memahami bagaimana cara mendapatkan sertifikat ISO 14001.

2. Fasilitas dan staf Pengajar

Trainining didukung oleh Laboratorium Instrumentasi CDSAP - IPB, dan Laboratorium Teknologi dan Manajemen Lingkungan, Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB (Laboratorium Rujukan untuk Wilayah Jawa Barat, SK. Gubernur Jawa Barat No. 658. 31/SK. 1718/BKPMD/1992). Laboratorium didukung dengan fasilitas peralatan modern seperti AAS, GC, HPLC, UV-Vis Spektrofotometer, TOC-Analyzer, Element Analyzer (CHNSO), Mikroskop dengan image processing, Jar Test, serta peralatan laboratorium lainnya. Selain itu, laboratorium juga dilengkapi dengan sarana untuk demo dengan skala pilot plant.

 

Tenaga pengajar/instruktur berasal dari pergurunan tinggi maupun industri yang bergerak di bidang yang relevan. Selama pelaksanaan training juga akan dilakukan praktikum, demo laboratorium, dan kunjungan industri. Konsultasi secara khusus juga diberikan kepada setiap peserta yang memerlukan pemecahan masalah yang dihadapi industri tempat peserta bekerja. Peserta Untuk mempertahankan efektivitas training, jumlah peserta dibatasi maksimum 20 orang. Peserta dapat berasal dari industri, lembaga pemerintah / perguruan tinggi, dengan syarat minimum lulusan program sarjana (S1), diploma 3 (D3), atau yang telah memiliki pengalaman bekerja di bidang yang berkaitan.

3. Waktu dan Biaya

 

No Training Waktu Biaya (Rp/peserta)
1 Desain dan Optimasi IPAL Juni - September 2017 2.500.000
2 Analisis Air dan Air Limbah Industri Juni - September 2017 3.000.000
3 Desain dan Optimasi Instalasi Pengolahan Air Bersih Juni - September 2017 2.500.000
4 Produksi Bersih (Cleaner Production) Juni - September 2017 2.500.000
5 Manajemen Limbah B3 Juni - September 2017 3.000.000
6 Pengelolaan Sampah terpadu Juni - September 2017 2.500.000
7
Keselamatan dan kesehatan kerja
Juni - September 2017  2.500.000
8 Sistem manajemen lingkungan Juni - September 2017  2.500.000
 

*) Private Class maksimum 5 orang, Biaya Rp. 15.000.000/paket

4. Informasi dan Pendaftaran

 Ir. Anis Annisa Adnan

CDSAP-IPB
Gedung Fateta Lt. 2 PO. Box 220 Kampus IPB Darmaga Bogor
Tel./Fax.: 0251 - 8627 830 atau 0251- 8621 974
E-mail: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Additional information