Home

Uji Profisiensi Lipi 2016

Lab Pengujian Departemen TIN Fateta IPB mengikuti Program Uji Profisiensi untuk komoditi Larutan Buffer Boraks (LBB), Tepung Beras (TBS) dan Air Limbah Sintetis (ALS) pada tahun 2016 yang diselenggarakan oleh LIPI.

Program ini bertujuan untuk membantu laboratorium pengujian dalam menilai kinerjanya dibidang analisis, khususnya untuk parameter yang diujikan dalam program ini. Program Uji Profisiensi merupakan salah satu instrument penting dan strategis yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi teknis laboratorium penguji nasional. Dengan kompetensi teknis yang baik diharapkan kalangan laboratorium penguji mampu menghasilkan data hasil uji yang valid dan terpercaya.

Kegiatan Uji Banding Laboratorium merupakan salah satu upaya pengendalian mutu untuk memantau keabsahan pengujian sebagaimana dipersyaratkan di dalam SNI ISO/IEC 17025:2008 klausul 5.9. Sesuai kebijakan KAN, kegiatan ini wajib dilakukan oleh laboratorium yang akan mengajukan maupun yang telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Additional information